Rabu, 17 Juli 2013


lengkuas

July 16, 2013 at 10:21pm
(menu)

pedas ia bukan cabe
pedar tapi tak juga kulit kayu
berumpunrumpun di kebun belakang
perencah buat tauco ikan
buat gulai lomak
buat bubur pedas
atau bumbu ayam goreng

pedas tapi pedar
serasa ia tak lengkap buat menyayur
teringat ibu di dapur
menggulai daun ubi 
untuk persiapan sahur
bila tiba bulan puasa 

kalaulah ada arsik 
biar terasa hangat di dada
boleh juga wangi lengkuas
kincung , serai dan bawang batak
soal rasa usah sangsi
tak kalah spagheti 
yang datang dari negeri
orangorang yang tak kumengerti
lidah terasa keki
kalau dimakan cuma di gigi
tak sampaisampai ke hati

1 komentar:

zoelzanwar mengatakan...

Inspirasi yang hadir dari sesuatu yang sangat sederhana namun penuh makna. Saya iri, Pak. :)
Saya tak pandai-pandai juga walau sudah mencoba. saya malah merasa apa yang saya tuliskan adalah penghinaan bagi puisi. sering, saya memutuskan sendiri untuk berhenti mencoba...