Rabu, 24 November 2010

aku jadi tahu

by Zulkarnain Siregar on Thursday, November 25, 2010 at 2:26pm
Your changes have been saved.

entah apa kenangan itu tiba ,

mengajak aku tuk

mengeja masa lalu

saat kau ajari aku

melafaz satu

demi satu juz amma itu

alif, ba, ta, tsa di makhtab

samping rumah tetangga

dekat kebun kelapa

tanah wakaf keluarga

ketika usia masih belia

kenakan jaz dan sarung berikat pinggang

lobe puitih sedikit kusam, kau kemas waktu

setia datang ajarkan nahu, memulai kalam

dari kata hingga tata bahasa dan membaca

lalu tanamkan tauhid, mengenal khalik dan

makhlukNya yang esa tak boleh serikatkan

benda-benda hanya karena dunia

setelah usai cerita agama

tiba imla kau bertanya

di setiap penghujung kata

"siapa yang mau mengeja

alif, ba, ta, tsa anak-anak?"

"saya....Pak!

saya....Pak!

saya....Palk!"

semua ingin memulai

semua ingin memberi

semua ingin disayangi

guru mengaji yang tak bergaji

datang setiap hari ajari kami

jujur di hati bentuk budi pekerti

sesekali waktu ia ajari aku bang

untuk memanggil kawan-kawan

mengaji datang belajar sembahyang

lalu berhitung sebelum pulang

bila aku tak datang

dicari tahu

apa gerangan?

mungkin ada di ladang

lalu dengan sepeda

usang tak berpalang.

kau jemput aku

untuk bekali aku

masa datang

Pak Syam, guru mengaji

yang tak pernah bergaji

ajari aku jadi tahu diri

untuk mengerti hidup

tak melulu materi

by: zulkarnain siregar

25 Nopember 2010

buat : Pak Syamsuddin, guru mengajiku

di makhtab SPIK kuala tempo doeloe

Tidak ada komentar: