Rabu, 19 Januari 2011

(Telah Pergi) Si Oto Na Bisuk

by Zulkarnain Siregar on Thursday, January 20, 2011 at 1:38am

Boleh aku terbayang

dengan rautmu, abang?

"..dalam sebagian pikirku

ada kau, yang selalu

mengembara dari otak kiri ,

tengah hingga ke kanan.

dan menyuruh aku melihat

dalam tekun yang kau semai

di oasis itu.."

Boleh aku terkenang

dengan budimu, abang?

"..dari sebagian rasaku

ada larik-larik puisimu

yang menghentak-hentak

nyaliku, walau itu terangkai

kau jalin lalu menyuruh aku

mendengar kelembutan diksi

yang terjaga. tak mabuk

di telan aneka tabularasa.."

Boleh aku tersanjung

dengan bahasamu, abang?

"..dalam jatidiriku, kau ajar

aku kembali ke asal leluhur

yang menjaga rumah agar

tak berganti penghuni.tak

mengganti musim walau

angin barat deru-menderu

lewat segala cahaya indera

kuingat sekali pesanmu itu.."

hari ini,

usai aku terima pesan dari sms itu

hal kepergianmu yang kau sebut

telah berulang kali dalam Mayatku

kubaca Si Oto Na Bisuk

aku teringat dengan tak menghitung-hitung

lembaran uban di kepalamu. senja susut , waktu mengkerut.

Kau sendawa ketika lapar, dan lapar ketika kenyang

jadi saksi duka cita anak negerimu

@In Memorium

sajak buat : Si Oto Na Bisuk (Alm. Abang Z. Pangaduan Lubis)

oleh : zulkarnain siregar

setelah tadi 13.30 Rabu 19 Januari Tahun ini

Tidak ada komentar: